Perempuan Yang Harus

©
Photo: 
Courtesy of Ken Jenie -- Tampilan presentasi karya di pameran Wani Ditata (Galeri Cipta II, TIM, Jakarta, 2015).

Perempuan Yang Harus

Tahun Karya: 
Medium: 
objek siap pakai
teks
Dimensi: 
Bervariasi

Perempuan Yang Harus adalah karya Marishka Soekarna yang merupakan bagian dari proyek seni "Wani Ditata", sebuah proyek seni yang melibatkan sejumlah seniman perempuan Indonesia. Karya berbentuk tangga dikombinasikan dengan teks ini dipresentasikan oleh seniman dengan sinikal dalam rangka merefleksikan gagasan tentang citra perempuan ideal.

Pernyataan artis

Saat tengah berada di Australia, saya juga terlibat dalam proyek pameran yang semua seniman partisipannya adalah perempuan, yang dikurasi oleh Angga Wijaya di Jakarta. Tema besarnya adalah tentang organisasi perempuan yang lahir di era Orde Baru, Dharma Wanita.

Kami, para seniman, diminta menanggapi gerakan Dharma Wanita secara artistik. Tema itu menjadi tantangan tersendiri, karena saya belum pernah membuat sebuah karya dengan riset semacam itu yang berada di luar zona personal saya. Tapi kemudian, saya selalu memiliki cara untuk mengaitkan tema yang tak mudah seperti itu lewat pendekatan yang saya rasa dekat dengan saya, dalam cara yang saya rasakan berhubungan dan nyaman untuk mengungkapnya.

Proyek ini melewati banyak pertemuan dan diskusi yang panjang. Menurut saya, ada suatu chemistry yang baik di antara para seniman, dan juga dengan kurator.

Dengan proyek ini, saya mendapat kesempatan untuk keluar dari zona nyaman, yakni drawing, dan justru mencoba ranah instalasi yang saya kira lebih tepat dengan isi ekspresi saya mengenai tema itu. Saya membuat sebuah instalasi berupa tangga (yang dalam konteks masyarakat Indonesia, biasanya terbuat dari bambu). Setiap anak tangga terdapat teks, dan anak tangga itu sendiri berdiri mengenakan stilletos merah. Di samping instalasi itu, saya juga menggantungkan sebuah teks berupa artikel yang mengandung seluru konsep dari ide saya, yakni sebuah artikel tahun 1978 dari Buletin Dharma Wanita, tentang bagaimana citra perempuan atau istri ideal. Untuk karya ini, saya ingin berbagi dan menanggapi ide tentang bagaimana masyarakat (dari sudut pandang dalam artikel di buletin Dharma Wanita itu) pada saat itu telah memperhitungkan sebuah peran atau posisi 'ideal' perempuan di masyarakat; dan bagaimana saya merasa tidak realistis mengemban semua harapan-harapan idea perempuan itu. [Marishka Soekarna]

Sumber: 
Deskripsi ini disarikan pada tanggal 4 Juni 2017, 10:00 pm, dari situs blog Marishka Soekarna, http://marishkasoekarna.blogspot.co.id/2015/11/wani-ditata-project-galeri-cipta-taman.html